Pages

Subscribe:

About

Adsense Indonesia Adsense Indonesia Adsense Indonesia

Sabtu, 19 Mei 2012

Apple Ganti Supplier, Samsung Rugi USD10 M

detail berita
Ilustrasi (Foto: dok it blog's)
SEOUL, IT Blog's - Apple dikabarkan mencatatkan pesanan besar dynamic random access memory (DRAM) pada Elpida. Pesanan besar tersebut membuat Samsung berada dalam posisi sulit.

Diwartakan IT Pro Portal, Sabtu (19/5/2012), akibat pergantian supplier itu, Samsung Electronics kehilangan USD 10 miliar nilai pasar. Bahkan, menurut Reuters, saham raksasa elektronik Korea Selatan ini turun 6,2 persen ke titik terendah dalam sembilan pekan ini.

"Tampaknya Apple tidak ingin melihat Samsung dan hynix mendominasi pasar chip. Apple ingin mempertahankan bargaining power-nya dengan membuat Elpida tetap beroperasi," papar analis dari LIG Investment & Securities, Choi Do-yeon mengenai strategi Apple.

Sebelumnya telah beredar kabar bahwa Elpida sedang mengalami masalah keuangan yang serius. Perusahaan Amerika Serikat, Micron Technology Corp bahkan menawarkan diri menjadi sponsor bagi pembuat DRAM dari Jepang itu.

Rumor yang beredar juga mengungkap Apple berada di balik persetujuan bantuan tersebut demi melemahkan posisi Samsung. Para analis pun berkomentar Samsung kini telah menghadapi tekanan dari berbagai investor yang mengevaluasi kondisi tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar